//
you're reading...
Bahan Pakan Ternak, Peternakan

Spesifikasi Bahan Pakan Ternak

Spesifikasi Bahan Pakan Ternak – Menurut spesifikasinya, bahan pakan dapat dibedakan menjadi tujuh kelompok yang masing-masing mempunyai batas maksimal dalam penggunaannya (safe maximum) dan akan mempengaruhi rasa, warna, bau, dan tingkat toksikasi. Ketujuh kelompok tersebut yaitu (Kartadisastra (1994) dalam Thutenq (2011)) :

  • Kelompok biji-bijian;

Ciri-ciri khusus kelompok ini yaitu mengandung karbohidrat dengan konsentrasi tinggi, sedangkan kandungan protein, serat kasar, vitamin, dan mineralnya rendah. Contoh : jagung, gandum, sorgum, dan sejenis padi-padian.

  • Kelompok hasil sampingan biji-bijian; Kelompok ini adalah dedak padi/lunteh/bekatul, dedak gandum, dan pollard.

Kelompok biji-bijian sumber minyak; Kelompok ini selain mengandung energy yang cukup tinggi juga sebagai sumber protein, lemak dan minyak. Contohnya : kacang tanah, wijen, dan kacang kedelai.

  • Kelompok hasil sampingan biji-bijian sumber minyak;

Kelompok ini merupakan hasil ikutan dari proses pembuatan minyak baik secara mekanik (pressing) maupun secara kimiawi (ekstraksi). Bahan pakan yang termasuk dalam kelompok ini mengandung kadar lemak dan protein yang cukup tinggi, seperti : tepung ikan, tepung tulang, bekicot, tepung bulu, dan lemak.

  • Kelompok hasil hewan;

Kelompok ini sebagai sumber protein hewani, sumber energi, dan sumber lemak, tetapi tingkat penggunaannya sangat terbatas. Beberapa bahan pakan yang sering digunakan adalah tepung ikan, tepung tulang, bekicot, tepung bulu, dan lemak.

  • Kelompok Legum atau Polongan;

Bahan pakan yang termasuk dalam kelompok ini mengandung protein nabati yang cukup tinggi dan memiliki daya pacu terhadap kegiatan reproduksi. Misalnya : kacang hijau, lamtoro, dan kaliandra. Penggunaannya sangat terbatas karena tingkat toksikasi (daya pengaruh racun) yang tinggi.

  • Kelompok Khusus;

Kelompok terakhir ini berfungsi sebagai “binder” (perekat, membuat kompak), sebagai pakan substitusi, dan pemacu cita rasa. Misalnya: gula, tapioka, tetes/molasses, kapur, dan premix.

selanjutnya silahkan baca bahan baku pakan ternak

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: